Bertugas di Internet

Hay hay hay jumpa lagi dengan Andiko Prima di postingan saya yang berikutnya. Seperti yang pernah saya jelaskan di postingan sebelumnya, blog ini saya buat ditujukan untuk melengkapi tugas mata kuliah Creativity and Innovation. Nah, sesuai bgt kan sama judul post saya yang sekarang ini. Bertugas di Internet itu menurut saya sangatlah mudah dan membantu. Contohnya saja untuk mata kuliah CI. Pak ApiQ dan kak Bayu mendaulat peserta kuliah untuk mensubmit segala bentuk tugas di blog kita ini, hal tersebut memudahkan proses pengumpulan data dan menghemat kertas (sesuai dengan isu global warming juga kan). Selain itu, bertugas melalui internet itu menurut saya sangat praktis. Kini kita tidak perlu lagi khusus ke kampus untuk mengumpulkan sebuah tugas saja. Semua bisa dikirim melalui internet. Hemat waktu dan tenaga. Semakin banyak pula kegiatan yang bisa kita lakukan.

Selain itu bertugas di Internet juga sangat membantu bagi saya. Sekarang dengan makin canggihnya search engine seperti Google, dapat memudahkan saya mendapatkan informasi yang saya perlukan. Tinggal ketik key wordnya, muncul deh informasi yang terkait. Saya jadi ngga males lagi membaca soalnya semuanya serba cepat dan praktis. Ngga ribet lagi. Tugas – tugas yang saya kerjakan juga semakin berbobot karena kualitas tulisannya sesuai dengan apa yang diminta. Bertugas di internet memudahkan pertukaran informasi.

Namun ada beberapa kelemahan dari bertugas menggunakan internet. Saat ini sedang santer berita mengenai plagiarism. Dengan kemudahan yang diberikan melalui internet, terkadang sering disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menjiplak karya yang sudah ada. Kalo menurut saya, merujuk/menjadikan sebuah tulisan sebagai reverensi tugas yang kita buat itu tidaklah salah. ASALKAN kita men-state rujukan tulisan sebelumnya dan setidaknya tidak copy-paste bener2. Tambahkan sedikit pendapat dan ide kita dalam tulisan, mengembangkan tulisan yan sudah ada tidak terlalu sulit bukan? Apalagi setelah mendapat kuliah CI, mengasah ide kreatif kita untuk munjul sangat menyenangkan loh! 😀 Selamat bertugas di internet yaa, teman2 ☺

Leave a Reply

