mb4048

Ini mungkin akan menjadi tulisan terakhir saya untuk tugas kelas mb4048 alias kelas Creativity and Innovation. Tapi bukan berarti saya harus berhenti sampai disini untuk berpikir kreatif, Karena kalo saya berhenti sampai disini saja berarti saya sia-sia mengikuti kelas selama satu semester yang diajar oleh pak apiQ yang selalu berpikir kreatif dan mas Bayuningrat yang walaupun keturunan ningrat tapi dia juga dapat selalu berpikir kreatif (sorisorii ngga lucu).

Tulisan saya kali ini akan berisikan kilas balik poin-poin penting apa saja yang saya dapat di kelas ini.

1.Keberanian.

Pada awalnya sebelum saya mengikuti kelas ini saya termasuk orang yang cenderung pendiam dan takut diajak berbicara karena saya takut kalau apa yang saya bicarakan salah. Apalagi kelas ini mewajibkan seluruh siswanya diwajibkan untuk menulis blog yang dapat dibaca oleh seluruh orang di dunia ini, kebayang bukan terornya kelas ini bagi orang pendiam seperti saya ini. Namun hal itu ternyata tidak berlangsung lama saudara-saudara, setelah saya mengikuti kelas ini saya jadi terbiasa untuk menulis walaupun pada awalnya terpaksa tapi lama-kelamaan hal ini menjadi suatu kebiasaan untuk saya. Bahkan saya sekarang menjadi orang yang cerewet, karena saya yakin setiap orang pasti memiliki pikirannya masing-masing dan setiap orang bebas untuk mengutarakan pendapatnya walaupun dibatasi oleh hak asasi orang yang berada di sekitar kita. Luar biasa bukan efek yang saya dapatkan dari pelajaran di kelas ini.

2. Creative Thinking

Dalam kuliah ini selalu ditekankan untuk berani berpikir secara kreatif atau tidak biasa dari biasanya. Memang tidak mudah untuk berfikir secara kreatif dan berani untuk berimajinasi apalagi berusaha untuk mewujudkannya, karena kalau mudah semua orang di dunia ini sudah menjadi inventor.
Di kelas ini kita sering dilatih untuk berfikir kreatif lewat tugas-tugas yang sering diberikan di kelas seperti mengimajinasikan alas kaki, yang ternyata alas kaki tidak hanya sendal tetapi bisa juga keset ataupun lantai. Dan ada juga tugas yang diberikan seperti tugas bagaimana kita mengekspresikan nama kita. Selain itu juga contoh perusahaan yang berimajinasi tinggi dan berusaha untuk mewujudkannya seperti video Docomo yang diputar, seperti post saya sebelumnya.

3. Business Model

Selama pelajaran setelah UTS kita ditekankan bagaimana kita membuat sebuah business model yang menarik dan inovatif. Bagaimana kita menghasilkan usaha yang lebih baik lagi dari sebelumnya. banyak contoh bisnis sukses yang berhasil akibat dari business model yang mereka bikin sangat menarik. Seperti Twitter yang bisa menggabungkan jejaring social dan blog didalam satu produk dan sekarang dapat kita lihat betapa berhasilnya mereka. Selain itu juga perusahaan yang sangat inovatif dan pasti sebagian besar dari kita mengenalinya yaitu Apple, dengan business model inilah mereka menghasilkan sebuah produk bernama iPod yang dapat menggeser Sony dengan produk walkmen nya, luar biasa bukan dampak dari business model ini terhadap kelangsungan usaha.

4. Kisah inspiratif dari orang-orang luar biasa.

Dalam kuliah ini saya juga mendapatkan cerita-cerita menarik yang sangat kreatif sehingga membantu saya untuk terbiasa berfikir secara kreatif.
Yang pertama tentu saja Pak Agus Nggermanto, atau biasa dipanggil pak apiQ. Pak apiQ ini memiliki cerita-cerita yang sangat menarik apalagi kisahnya dalam berpikir kreatif untuk memecahkan soal-soal matematika. Saya sebenarnya sangat tertarik dengan kemampuan pak apiQ dalam kehebatannya dalam hal ini karena saya juga termasuk orang yang sangat menyukai pelajaran matematika seperti pak apiQ ini.
Lalu yang kedua adalah mas Bayuningrat, mas bayu sebagai tutor sangat banyak memberikan masukan-masukan agar kita selalu berfikir kreatif dengan cara penyampaiannya yang kreatif pula.
Lalu yang ketiga ada kak Adi Panuntun yang memberikan pelajaran tentang design thinking yang sangat luar biasa. Memberikan pelajaran kepada kita agar selalu berfikir kreatif.
Dan yang terakhir tapi tidak kalah hebatnya adalah pak Budi Raharjo yang bercerita banyak tentang industri yang bergerak dalam bidang teknologi. Saya akui pelajaran dan cara penyampaian beliau sangat menarik dan menurut saya dari sekian banyak guest lecture yang saya temui selama setahun terakhir beliau merupakan salah satu dosen yang bisa menyampaikan bahannya dengan sangat menarik.
Sekian pelajaran-pelajaran yang dapat saya ambil dari kelas ini, sebenarnya masih banyak hal lain yang saya dapat tapi tidak dapat saya ceritakan semuanya karena ada yang lupa juga,hehe, tapi kurang lebih poin-poin diatas lah yang dapat saya petik pelajarannya.

Terima kasih untuk bapak-bapak semua yang telah mengajari saya untuk selalu berfikir kreatif. Terutama pak apiQ dan mas bayu yang selalu setia mengajari kita setiap minggunya.

Salam kreatif.

Leave a Reply

